Perubahan Anatomi dan Adaptasi Fisiologi Sistem Integumen pada Bumil

Perubahan Anatomi dan Adaptasi Fisiologi  Sistem Integumen pada Ibu     Hamil ibu-hamil

Trimester 1

ª  Pada ibu hamil trimester 1 biasanya akan timbul cloasma gravidarum pada bagian wajah dan leher, yang dimana ukurannya bervariasi

ª  Pada kulit terdapat deposit pigmen dan hiperpigmentasi alat- alat tertentu, pigmentasi ini disebabkan karena pengaruh Melanophore Stimulating Hormone (MSH) yang meningkat.

MSH ini  adalah salah satu hormon yang dikeluarkan oleh lobus anterior hipofisis.kadang- kadang terdapat deposit pigmen pada dahi, pipi, hidung, atau yang sering di sebut DIASMA GRAVIDARUM. Di Daerah leher dan di areola mamae  juga sering terdapat hiperpigmentasi .

ª  Pada permukaan telapak tangan pada 60% wanita hamil berkulit putih dan 35 % pada wanita hamil berkulit afrika –amerika terdapat  bercak berbatas  tegas atau mottling difus yang berwarna kemerahan.

ª  Epulis (Gingival Granuloma Gravidarum) berwarna kemerahan, berbentuk nodul dan mudah berdarah. Lesi ini mungkin berkembang sekitar bulan ke 3 dan biasanya berlanjut sesuai dengan perkembangan kehamilan. Treatment dilakukan dengan melakukan insisi, apabila lesi tersebut mengalami pembesaran, menyebabkan rasa nyeri atau berdarah yang agak banyak.Lesi ini biasanya terus membesar seiring bertambahnya umur kehamilan.

ª  Pertumbuhan kuku mengalami percepatan selama masa kehamilan trimester 1,selain itu kulit berminyak,dan acne vulgaris juga  dapat timbul,terkadang kulit bersih dan  berseri juga dapat timbul selama kehamilan .dapat terjadi peningkatan pertumbuhan rambut halus,tapi akan hilang setelah kehamilan berakhir.

 

 

 

Trimester II

ª  Pada kulit dinding perut akan terjadi perubahan warna menjadi kemerahan, kusam, dan kadang-kadang juga akan mengenai daerah payudara dan paha. Perubahan ini dikenal dengan nama Striae Gravidarum. Pada multipara selain striae kemerahan itu sering kali ditemukan garis berwarna perak berkilau yang merupakan sikatrik dari striae sebelumnya.

ª  Angioma atau telengiektasis umumnya disebut vascular spider.

Angioma merupakan ujung arteriola yang berdenyut dan sedikit menonjol,berbentuk kecil seperti bintang atau cabang. Vascular spider merupakan hasil peningkatan  kadar estrogen dalam sirkulasi,biasanya ditemukan di leher, dada, wajah dan lengan.Spider biasanya berwarna kebiruan dan tidak hilang bila di tekan.  Vascular spidern terlihat pada bulan  kedua sampai kelima kehamilan pada 65% kulit putih an 10% wanita afrika- amerika. Vascular spidern biasanya akan hilang setelah melahirkan.

 

TrimesterIII

ª pada banyak ibu hamil  kulit di garis pertengahan perutnya ( linea alba) akan berubah menjadi hitam kecoklatan yang di sebut dengan LINEA GRISEA.

ª Linea nigra adalah garis pigmentasi dari simfisis pubis sampai ke bagian atas fundus di garis tengah tubuh.kulit perut juga tampak seolah-olah retak, warnanya berubah agak hiperemik dan kebiru-biruan atau yang disebut striae livide.Setelah partus, striae livide akan berubah menjai putih yang di sebut strai albicans. Pada seorang multigravida sering tampak striae livadean bersama dengan striae albikans.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: